Preaching

Unconditional Saving Election of God (15/6/16)

Pdt. Anthonny Natan

Kemurahan hati dalam diri manusia berasal dari Allah!
Filipi 2:12-13 (TB)  Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir,
karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.

Philippians 2:12-13 (ESV)  Therefore, my beloved, as you have always obeyed, so now, not only as in my presence but much more in my absence, work out your own salvation with fear and trembling,
for it is God who works in you, both to will and to work for his good pleasure.

——–

Kisah Para Rasul 13:47-48 (TB)  Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi.” 
Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah dan mereka memuliakan firman Tuhan; dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal, menjadi percaya.

Acts 13:47-48 (ESV)  For so the Lord has commanded us, saying, ‘I have made you a light for the Gentiles, that you may bring salvation to the ends of the earth.’ ”
And when the Gentiles heard this, they began rejoicing and glorifying the word of the Lord, and as many as were appointed to eternal life believed.

Allah Bapa telah memilih dari orang-orang yang berdosa untuk diselamatkan, supaya menjadi umat-Nya dan anak-anak-Nya, yang kudus dan tidak bercacat di dalam kasih, dengan berdasarkan pada kasih dan anugerah dari Dia semata-mata.

Keputusan-keputusan yang telah dibuat oleh Allah Tritunggal SEBELUM dunia diciptakan.

Manusia yang terpilih untuk diselamatkan oleh Allah itu sangat banyak.
¦¦¦¦¦
Wahyu 7:9 (TB)  Kemudian dari pada itu aku melihat: sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka.

Revelation 7:9 (ESV)  After this I looked, and behold, a great multitude that no one could number, from every nation, from all tribes and peoples and languages, standing before the throne and before the Lamb, clothed in white robes, with palm branches in their hands,

Allah memiliki 3 pribadi yaitu; Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus.

Penyebab dari Pemilihan oleh Allah Bapa untuk menyelamatkan sebagian dari orang-orang yang berdosa :
1. Karena semua orang telah berdosa dan berada di dalam keadaan Mati Rohani. Jika orang-orang yang berdosa dibiarkan memilih menurut keadaan dirinya yang mati rohani, maka mereka pasti tidak akan mampu (bisa) untuk bertobat dan percaya kepasa Yesus Kristus.
Yohanes 6:44, 65 (TB)  Tidak ada seorang pun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.
Lalu Ia berkata: “Sebab itu telah Kukatakan kepadamu: Tidak ada seorang pun dapat datang kepada-Ku, kalau Bapa tidak mengaruniakannya kepadanya.”

John 6:44, 65 (ESV)  No one can come to me unless the Father who sent me draws him. And I will raise him up on the last day.
And he said, “This is why I told you that no one can come to me unless it is granted him by the Father.”

2 Korintus 4:3-4 (TB)  Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa,
yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.

2 Corinthians 4:3-4 (ESV)  And even if our gospel is veiled, it is veiled to those who are perishing.
In their case the god of this world has blinded the minds of the unbelievers, to keep them from seeing the light of the gospel of the glory of Christ, who is the image of God.

2. Semua orang yang berdosa dan berada di dalam keadaan tercemari dengan dosa secara menyeluruh, dikuasai, dan diperhamba oleh dosa dan Iblis. Jika orang-orang yang berdosa dibiarkan memilih menurut kehendaknya sendiri, maka mereka pasti tidak akan mau (ingin) untuk bertobat dan percaya kepada Yesus Kristus
Yohanes 3:16, 19-20 (TB)  Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat.
Sebab barangsiapa berbuat jahat, membenci terang dan tidak datang kepada terang itu, supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak;

John 3:16, 19-20 (ESV)  For God so loved the world, that he gave his only Son, that whoever believes in him should not perish but have eternal life.
And this is the judgment: the light has come into the world, and people loved the darkness rather than the light because their works were evil.
For everyone who does wicked things hates the light and does not come to the light, lest his works should be exposed.

Landasan dari Pemilihan oleh Allah Bapa untuk menyelamatkan sebagian dari orang-orang yang berdosa :
1. Kasih dan kehendak Allah Bapa. (Efesus 1:5)
2. Kemurahan hati dan kedaulatan Allah Bapa. (Roma 9:11-16)
3. Keputusan yang dibuat orang-orang yang berdosa untuk bertobat dan percaya kepada Yesus Kristus adalah akibat yang nyata dari pemilihan yang telah dilakukan oleh Allah Bapa sebelum dunia diciptakan. (Yohanes 15:16, Kisah Para Rasul 13:48, 1 Tesalonika 1:4-5)

Kita diselamatkan bukan karena perilaku kita yang baik, tapi karena kita telah dipilih oleh Allah. Contoh di dalam Alkitab yaitu seperti penjahat yang berada di samping Yesus, diselamatkan bukan karena dia orang yang melakukan kebaikan.
¦¦¦¦¦
Lukas 23:39-43 (TB)  Seorang dari penjahat yang di gantung itu menghujat Dia, katanya: “Bukankah Engkau adalah Kristus? Selamatkanlah diri-Mu dan kami!”
Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: “Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama?
Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah.”
Lalu ia berkata: “Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja.”
Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.”

Luke 23:39-43 (ESV)  One of the criminals who were hanged railed at him, saying, “Are you not the Christ? Save yourself and us!”
But the other rebuked him, saying, “Do you not fear God, since you are under the same sentence of condemnation?
And we indeed justly, for we are receiving the due reward of our deeds; but this man has done nothing wrong.”
And he said, “Jesus, remember me when you come into your kingdom.”
And he said to him, “Truly, I say to you, today you will be with me in Paradise.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s