Preaching

The Upper Room : The Beginning of Dynamic Community (8/1/17)

​Ev. Astuti
Kisah Para Rasul 1:12-26 (TB)  

Maka kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit yang disebut Bukit Zaitun, yang hanya seperjalanan Sabat jauhnya dari Yerusalem.

Setelah mereka tiba di kota, naiklah mereka ke ruang atas, tempat mereka menumpang. Mereka itu ialah Petrus dan Yohanes, Yakobus dan Andreas, Filipus dan Tomas, Bartolomeus dan Matius, Yakobus bin Alfeus, dan Simon orang Zelot dan Yudas bin Yakobus.  

Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus.

Pada hari-hari itu berdirilah Petrus di tengah-tengah saudara-saudara yang sedang berkumpul itu, kira-kira seratus dua puluh orang banyaknya, lalu berkata:

“Hai saudara-saudara, haruslah genap nas Kitab Suci, yang disampaikan Roh Kudus dengan perantaraan Daud tentang Yudas, pemimpin orang-orang yang menangkap Yesus itu.

Dahulu ia termasuk bilangan kami dan mengambil bagian di dalam pelayanan ini.” 

— Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar. 

Hal itu diketahui oleh semua penduduk Yerusalem, sehingga tanah itu mereka sebut dalam bahasa mereka sendiri “Hakal-Dama”, artinya Tanah Darah —.

“Sebab ada tertulis dalam kitab Mazmur: Biarlah perkemahannya menjadi sunyi, dan biarlah tidak ada penghuni di dalamnya: dan: Biarlah jabatannya diambil orang lain.  

Jadi harus ditambahkan kepada kami seorang dari mereka yang senantiasa datang berkumpul dengan kami selama Tuhan Yesus bersama-sama dengan kami,

yaitu mulai dari baptisan Yohanes sampai hari Yesus terangkat ke sorga meninggalkan kami, untuk menjadi saksi dengan kami tentang kebangkitan-Nya.” 

Lalu mereka mengusulkan dua orang: Yusuf yang disebut Barsabas dan yang juga bernama Yustus, dan Matias. 

Mereka semua berdoa dan berkata: “Ya Tuhan, Engkaulah yang mengenal hati semua orang, tunjukkanlah kiranya siapa yang Engkau pilih dari kedua orang ini,

untuk menerima jabatan pelayanan, yaitu kerasulan yang ditinggalkan Yudas yang telah jatuh ke tempat yang wajar baginya.”

Lalu mereka membuang undi bagi kedua orang itu dan yang kena undi adalah Matias dan dengan demikian ia ditambahkan kepada bilangan kesebelas rasul itu.
————
What is The Upper Room? 

Ruang atas adalah suatu ruangan tempat menunggu kedatangan Tuhan. 

The Upper Room is God’s waiting room.
Apa saja yang dilakukan di dalam God’s Waiting Room :

– menunggu Tuhan

Menunggu waktu Tuhan dan cara Tuhan. 

– menunggu sesama

– menunggu diri sendiri
Yesaya 40:31 (TB)  

tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah. 
Percaya dan menunggu kepada Tuhan, artinya kita tidak mendahului Tuhan. Serahkan kepada Tuhan untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi. 

Tuhan akan memberikan kekuatan baru dan Dia akan memberi kemampuan untuk kita. 
“Waiting = Believe”
Di tahun baru ini, apa resolusi kita? 

Biarlah Tuhan yang memberikan resolusi kepada kita. Kita yang menjalankan resolusi yang Tuhan berikan. 
————————
Kegagalan manusia vs Keberhasilan Allah
Kegagalan yang kita alami, janganlah membuat kita menyerah. Ingat, pekerjaan Allah dalam hidup kita tidak dapat digagalkan. Tuhan tidak berhenti dan gagal untuk kita. Our God never fails. 
I can’t brag about my love for God because i fail Him daily, but i can brag about God’s love for me because HE NEVER FAILS. 
Filipi 1:6 (TB)  

Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.
Let our heart become The Upper Room for God.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s